close
HTML5

Haii Sobat Linkers.. Kalian pada tau apa itu HTML5 gak sii, pasti sudah ada yang tau dan ada juga yang belum tahu, Oia pada posts sebelumnya gw udah share tentang Pengertian HTML & Cara Menggunakannya, nah pada kesempatan kali ini gw mau update artikel mengenai HTML5 nii, kali aja para sobat Linkers lagi ada yang belajar di kampus tentang HTML5 dan atau memang lagi mempelajari apa itu HTML5, oke berikut penjelasan tentang HTML5 yang gw kutip dari berbagai simber yang berkeliaran di google. 

Pengertian HTML5

Dari penjelasan yang gw kutip di wikipedia jadi HTML5 merupakan sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari World Wide Web, sebuah teknologi inti dari Internet Linkers. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan.

Dimana tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.

HTML5 merupakan hasil proyek dari W3C (World Wide Web Consortium dan WHATWG ( Web Hypertext Application Technology Working Group ). Dimana WHATWG bekerja dengan bentuk web dan aplikasi dan W3C merupakan pengembang dari XHTML 2.0 pada tahun 2006, kemudian mereka memutuskan untuk bekerja sama dan membentuk versi baru dari HTML.

Berikut tujuan dibuatnya HTML5 :

  • Fitur baru harus didasarkan pada HTML, CSS, DOM, dan JavaScript
  • Mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal ( Seperti Flash )
  • Penanagan kesalahan yang lebih baik
  • Lebih markup untuk menggantikan scripting
  • HTML5 merupakan perangkat mandiri
  • Proses pembangunan dapat terlihat untuk umum

Fitur baru dalam HTML5 :

  • Unsur kanvas untuk menggambar
  • Video dan elemen audio untuk media pemutaran
  • Dukungan yang lebih baik untuk penyimpanan secara offline
  • Elemen konten yang lebih spesifik, seperti artikel, footer, header, nav, section
  • Bentuk kontrol form seperti kalender, tanggal, waktu, email, url, search.

Nah.. Dari beberapa browser sudah mendukung HTML5 seperti safari, chrome, firefox, dan opera. Kabarnya IE9 ( Internet Explorer ) akan mendukung beberapa fitur dari HTML5.

Pembuatan HTML5 juga di karenakan Standard HTML4 yang dijumpai banyak memiliki kelemahan untuk mendukung aplikasi web yang interaktif. Akibat hal ini banyak orang menambahkan fitur baru baik disisi aplikasi web ataupun disisi browser. Solusi ini dikenal dengan plugin dan salah satunya adalah Flash dan Silverlight.

Semakin menjamurnya plugin didalam aplikasi atau browser membuat aplikasi web ini susah untuk menembus banyak browser. Hal ini dikarenakan setiap plugin mempunyai cara yang berbeda-beda Linkers, sebagai contoh kita ingin memasang plugin flash untuk sharing video maka pada halaman web kita harus ditulis sebagai berikut,

<object type=”application/x-shockwave-flash” width=”400″ height=”220″ wmode=”transparent” data=”flvplayer.swf?file=movies/holiday.flv”>
<param name=”movie” value=”flvplayer.swf?file=movies/holiday.flv” />
<param name=”wmode” value=”transparent” />
</object>

Contoh diatas menggunakan plugin Flash dari Adobe untuk menjalankan aplikasi web pada browser maka lain caranya bila kita menggunakan Silverlight. Teknologi Silverlight dikembangkan oleh Microsoft. Contoh penggunaan Silverlight pada halaman web dapat dilihat pada HTML dibawah ini,

<object width=”300″ height=”300″ data=”data:application/x-silverlight-2,” type=”application/x-silverlight-2″ >
<param name=”source” value=”SilverlightApplication1.xap”/>
</object>

HTML5 ini dibuat menyederhanakan kompleksitas penggunaan media video dengan standard baru yaitu penggunaan tag <video>. Dengan fitur baru ini maka kita cukup menulis script untuk menjalankan file video sebagai berikut

<video src=tutorialku.mp4>
</video>

Isu bagaimana menjalankan file video pada aplikasi web merupakan salah satu contoh bagaimana HTML4 tidak dapat mencakup masalah ini dan masih banyak lagi isu pada HTML4. Oleh karena itu, kita sudah saatnya memanfaatkan HTML5 sebagai standard aplikasi web kita.

Apakah Browser Saya Support HTML5?

Bagaimana caranya untuk menguji apakah browser yang anda install itu sudah support HTML5 atau tidak dan seberapa banyak fitur HTML5 yang disupport? Caranya cukup mudah Linkers, pertama-tama pastikan komputer kita sudah terhubung dengan internet dan arahkan ke alamat web sebagai berikut:

http://html5test.com

Dari data yang ada pada website itu browser Maxthon 3.4.1 merupakan browser terbaik dalam hal mendukung bahasa HTML5 dengan 422 total skor diikuti kemudian dengan google Chrome 20 dengan 414 total skor kemudian berturut-turut Opera 12.00 dengan 385, Firefox 13 dengan 345, Safari 5.1 dengan 317 dan Internet Explorer 9 dengan 138 point.

Nah gimana para sobat Linkers semua sudah pada di simak’kan artikel Bahas Asik Penggunaan HTML5 ?, semoga dalam penjelasan tentang HTML5 ini dapat membantu dan bermanfaat pastiinya untuk para pembaca linkquitz.com

Berbagai Sumber.

“THANKS FOR COMING”

Tags : ArticleHTMLHTML5InfoKnowledgeWeb DesignWebsite
Rendy Juniansyah

The author Rendy Juniansyah

Im a Publicist and Designer by passion with a taste for the meaningful and emotional. Here at LinkQuitZ, I always try to bring you only amazing content, things that mean something for me and for those around me about your inspiration.

1 Comment

Leave a Response